Blog •  24/11/2021

Tinjau Lahan, Jokowi Jajal Traktor untuk Tanam Jagung

Something went wrong. Please try again later...
© Biro Pers Sekretariat Presiden
© Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai sebuah traktor yang dilengkapi alat penanam jagung saat meninjau lahan seluas 1.000 hektare di Jeneponto, Sulawesi Selatan, Selasa, 23 November 2021. Menurut Jokowi, mengendarai kendaraan berat tersebut tidak terlalu sulit.

"Saya juga baru (mengendarai traktor). Hari ini saya bisa pegang dan sangat mudah sekali. Tadi cuma diajari sebentar oleh Pak Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo)," ujar Jokowi dilansir dari Media Indonesia, Jakarta, Selasa, 23 November 2021. 

Ia pun meyakini para petani akan bisa menggunakan alat berat itu. Rencananya, Kementerian Pertanian membekali petani sejumlah traktor. Kepala Negara menyampaikan keberadaan alat mesin pertanian (alsintan) sangat penting dalam membantu para petani, baik saat proses olah lahan maupun panen.

"Untuk menanam, kalau dalam hamparan yang sangat luas, yang paling cepat adalah memakai traktor, cepat sekali. Saya kira mekanisasi seperti ini perlu dikenalkan kepada seluruh petani sehingga mereka bisa gunakan," tuturnya.

Pemberian alsintan salah satu intensifikasi pertanian yang diharapkan mampu mendongkrak produksi jagung di Tanah Air, khususnya di Jeneponto. Kawasan ini salah satu kawasan sentra penghasil jagung.

"Kita harapkan dari setiap hektare nanti akan muncul hasil 6 sampai 7 ton dan di seluruh Sulawesi Selatan kita harapkan juga akan keluar produksi 1,8 juta ton," ucap Jokowi.

Sumber: Medcom